Tuesday 21 May 2013

Penjualan Online

A. Tahap-Tahap Melakukan Penjualan Online

Sekarang ini berjualan online dapat kita lakukan di berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Blogger, Kaskus, toko bagus, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini saya akan membahas berjualan online melalui toko bagus, berikut tahap-tahap berjualan di situs tersebut:
  1. Masuk ke situs http://www.tokobagus.com/
  2. Klik tombol "Pasang Iklan Gratis" yang ada dipojok kanan atas
  3. Setelah itu isi form pengajuan penambahan produk sesuai dengan barang yang akan Anda jual, mulai dari Tipe Ikalan, Judul, Kategori, Harga, Kondisi, Propinsi, Deskripsi Barang, Upload Foto.
  4. Setelah selesai mengisi form pengajuan penambahan produk, maka langkah selanjutnya mengisi detail Anda berupa : Nama, Email, dan Nomor Telp/Hp yang dapat dihubungi.
  5. Jika semua kotak telah diisi semua, langkah terakhir adalah klik tanda "Simpan" yang ada di bawah dengan menklik centang pada checkbox "Saya telah membaca dan menerima semua persyaratan dan ketentuan Tokobagus.com". Tunggulah 2-4 jam, maka tim dari tokobagus akan me-review iklan yang telah dibuat sebelumnya, jika iklan sesuai dengan kriteria tokobagus maka Anda akan menerima Email Pemberitahuan bahwa iklan telah terpajang di situs toko bagus
  6. Langkah selanjunya menunggu hingga pembeli menghubungi Anda.
B. Keamanan Untuk Melakukan Pembaaran

Cara pembayaran di situs toko bagus dilakukan atas kesepatan antara pembeli dan penjual. Awalnya Pembeli akan menghubungi penjual melalui Email atau Nomor Telp/Hp yang tertera pada produk yang diiklankan. Dari sinilah kedua belah pihak menentukan dan menyepakati transaksi bagaimana yang mereka inginkan, misalnya saja Transfer lewat Bank atau Cash On Delivery (COD). Untuk cara yang pertama butuh rasa kepercayaan yang tinggi terhadap penjual maupun pembeli karena banyak sekali kasus Penipuan/Cybercrime yang memanfaatkan cara ini. Dengan sistem ini biasaya barang akan dikirim dengan titipan kilat. Dan cara yang kedua adalah Cash On Delivery. Cara ini dirasa cukup aman untuk melakukan transaksi dimana kedua pihak terkait bertemu dan melakukan pembayaran di suatu tempat yang sudah dijanjikan sebelumnya. Dengan sistem ini barang langsung diantar oleh penjual dan pembeli pun langsung bisa mengecek kondisi dari barang tersebut.

C. Contoh Kasus Penipuan Penjualan Online

a. Modus: Mengeruk keuntungan
b. Analisa:

  • Pembajakan Akun
    Pada pembajakan akun ini, yang sering menjadi korban adalah tokoh populer. Terutama, akun facebook yang sangat rentan dibajak. Ketika pembajakan berhasil, tipu-tipu mulai dilancarkan. Mulai jual produk, minta dikirim uang, dan lain sebagainya.
  • Barang Tidak Dikirim
    Ketika terjadi deal (transaksi), barang yang dikirim tidak kunjung datang. Ini sering dialami oleh pembeli.
  • Bombastis
    Memberi janji yang terlalu tinggi sehingga user internet merasa tergoda. Ketika produk atau layanan yang diberikan tidak sesuai promosi, pembeli akan kecewa.

    Contoh:
    Sekelompok pemuda di Medan yang memasang iklan di salah satu website terkenal “Yahoo”dengan seolah - olah menjual mobil mewah Ferrary dan Lamborghini dengan harga murah sehingga menarik minat seorang pembeli dari Kuwait. Perbuatan tersebut dapat dilakukan tanpa adanya hubungan terlebih dahulu antara penjual dan pembeli, padahal biasanya untuk kasus penipuan terdapat hubungan antara korban atau tersangka. Kasus di atas merupakan salah satu contoh jenis kasus yaitu Data Forgery yang merupakan kejahatan dengan cara memalsukan data pada dokumen dokumen penting yang tersimpan sebagai scripless document melalui Internet. Kejahatan ini biasanya ditujukan pada dokumen-dokumen e-commerce dengan membuat seolah-olah terjadi "salah ketik" yang pada akhirnya akan menguntungkan pelaku karena korban akan memasukkan data pribadi dan nomor kartu kredit yang dapat saja disalah gunakan.

c. Penyelesaian:

  • Lihat, apakah websitenya di desain secara profesional.Walau tidak jaminan, namun website yang profesional, bersih, rapi, warnanya macthing, agak lebih kecil kemungkinan bahwa mereka akan scam, karena membuat website yang profesional jelas lebih mahal daripada website sekedarnya.
  • Lihat, apakah ada alamat lengkap beserta no telepon dari pemilik atau kantor cabang.Alamat yang lengkap lebih kuat dibandingkan hanya sekedar nama saja.
  • Baca mengenai testimonial yang diberikan, apakah kelihatan benar-benar nyata.Cara paling aman membeli sesuatu adalah dengan melihat testimonial yang diberikan oleh pemakai sebelumnya. 
  • Lihat pencapaian yang dicapai oleh orang atau perusahaan tersebut.Biasanya website-website memberikan pencapaian apa yang ia sudah dapatkan disana, dari sana kita bisa merasakan kredibilitasnya.
  • Pikirkan dengan logika, jangan cuma emosi sesaat saja.Mungkinkah menghasilkan uang sebanyak itu dalam waktu sesingkat itu? tanyakan ke teman-saudara yang sudah menjalankan online lebih lama. Lakukan pencarian di search engine dengan kata kunci: “Nama program review”, misalnya jika anda ingin ikut PT ABC, maka masukkan: “pt abc review” siapa tahu ada orang yang kecewa ataupun puas yang melakukan review.


Source:

1 comment:

Media SEO said...

terimakasih atas infonya... salam sukses dan sehat selalu ya...
Cara Meningkatkan Penjualan Online