Sunday 21 October 2012

New Media


Definisi New Media
            New Media terdiri dari dua kata yaitu New dan Media. Dimana New yang berarti baru sedangkan Media berarti perantara. Definisi singkat dari New Media adalah sarana perantara yang baru. Definisi secara luas, New Media dapat diartikan sebuah alat yang memiliki suatu nilai perantara tetapi selalu terikat dengan waktu. Maksud selalu terikat dengan waktu dikarenakan new media selalu berada di waktu sekarang bukan dulu.
New Media juga dapat disebut sebuah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital komputer atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh new media adalah internet, website, komputer multimedia, permainan komputer.
Pandangan Terhadap New Media
           Kemunculan new media merupakan suatu perkembangan baru yang hadir untuk mempermudah manusia dalam beraktifitas. Seperti misalnya internet, internet merupakan salah satu contoh dari new media yang sering digunakan saat ini oleh berbagai kalangan. Internet sangat memudahkan penggunanya untuk mendapatkan informasi, bersosialisasi, serta berbagai kegiatan lainnya. Namun dalam perkembangannya, new media juga mempunyai dampak negative. Maka dari itu sudah seharusnya dalam penggunaannya diikuti dengan kebijakan untuk memanfaatkan new media dengan sebaik-baiknya.
Manfaat New Media
Beberapa manfaat dari new media, diantaranya:

·         Mempermudah manusia dalam beraktifitas.
·         Informasi yang dapat dengan mudah diakses kapan pun dan dimana pun.
·        Sebagai media transaksi jual beli.
·        Sebagai media hiburan seperti game online, situs jejaring social, streaming video, dan lain-lain.
·         Sebagai media komunikasi yang efisien.
·         Sebagai sarana pendidikan dengan adanya buku digital yang mudah dan praktis.
Komponen New Media
Beberapa komponen new media, diantaranya:
  • Produsen, yaitu orang yang membuat/menciptakan new media.
  •  Distributor, yaitu orang yang menyalurkan kepada konsumen.
  •  Konsumen, yaitu orang yang menggunakan/memanfaatkan new media.

Aplikasi New Media
Beberapa aplikasi di dalam internet yang mengembangkan new media diantaranya:
  • Google, Yahoo, dan website sejenisnya yang merupakan aplikasi pencarian sejumlah kata yang terdapat di dalam website untuk mencari berita .
  • CNN, BBC, detik.com dan berbagai website sejenisnya yang dibuat untuk memberikan berita secara cepat sebagai pengganti koran dan majalah.
  • Youtube dan website sejenisnya yang menyediakan layanan membagikan dan menampilkan video sebagai sarana hiburan dan berita secara audio visual.
  • Twitter, Facebook, dan berbagai website SNS (Social Networking Service) sejenisnya yang menyediakan layanan mini blog dan social network sebagai sarana komunikasi langsung.
  • Wikipedia, e-dukasi.net, dan website sejenisnya yang menyediakan layanan pendidikan secara online berupa pembahasan materi pendidikan dan ada yang menyediakan buku elektronik (e-book)
  • Tumblr, Blogger, Wordpress, MySpace, dan website sejenisnya yang merupakan sarana untuk tulis-menulis.
  •  Game online sebagai sarana hiburan.
Referensi

No comments: