Thursday 15 November 2012

Konsep Teknologi New Media

A. KONSEP TEKNOLOGI KONVERGENSI
  • Definisi Konvergensi
    Kata 
    konvergensi berasal dari bahasa Inggris yaitu convergence yang secara harafiahnya adalah dua benda atau lebih bertemu atau bersatu di suatu titik, atau pemusatan pandangan mata ke suatu tempat yang amat dekat. Secara umum, konvergensi adalah penyatuan berbagai layanan dan teknologi komunikasi serta informasi (ICTS - Information and Communication Technology and Services) yang meliputi perangkat keras/terminal (hardware), perangkat lunak (software), isi (content), jaringan (network), dan layanan (service). Konvergensi merupakan integrasi yang progresif dari beberapa platform jaringan yang berbeda untuk menyalurkan layanan yang serupa dan atau layanan-layanan yang berbeda yang disalurkan pada platform jaringan yang sama.
  • Dasar Terbentuknya Konvergensi
    Menurut John Fiske dalam bukunya Cultural and Communication Studies bahwa kode-kode digital lebih mudah dipahami karena unit-unitnya dibedakan dengan jelas, berlainan dengan kode-kode analog yang bekerja dalam suatu skala kontinu. Jadi tidaklah heran jika dalam orientasi perkembangan peradaban manusia mengarah pada proses digitalisasi atau dengan kata lain proses menuju kemudahan, kelengkapan, dan kecepatan dalam mendapatkan dan memahami berbagai informasi.
    Dari sisi bisnis, digitalisasi menjanjikan efisiensi biaya yang cukup signifikan dengan area cakupan yang lebih luas, kualitas pelayanan yang lebih baik dan mampu melayani pengguna jasa media berdasarkan kebutuhan mereka. Namun yang jauh lebih penting adalah digitalisasi mampu mendesak kelahiran beragam kreativitas dalam penyajian konten sehingga area cakupan bisnis dapat lebih diperluas.
    Menurut Jonathan Parapak dari Universitas Pelita Harapan, tahapan perkembangan paradigma ini menjadi 3 tahapan proses, yaitu automatisasi, integrasi, dan kolaborasi. Mayoritas pelaku di kawasan ini berada di antara automatisasi dan integrasi, sementara hanya sebagian kecil yang telah mencapai tahap di antara integrasi dan kolaborasi.
  • Manfaat Konvergensi Media
    Manfaat konevergensi media tentu saja memudahkan khalayak dalam mendapatkan informasi, berita, hiburan, membeli barang. Tidak mebutuhkan biaya yang banyak, lebih hemat waktu, praktis, juga bisa membuat pihak media sebagai tantangan untuk mengembangkan media yang sudah ada sebelumnya.
  • Teknologi Konvergensi
    Konvergensi adalah bersatunya layanan telekomunikasi, teknologi informasi, dan penyiaran. Penyelenggaraan jasa telekomunikasi merupakan kegiatan penyediaan atau pelayanan jasa telekomunikasi yang memungkinkan terselenggaranya telekomunikasi melalui media apa aja, termasuk TV, siaran, radio dan multimedia. Konvergensi yang sempurna terjadi pada jaringan masa depan. Dalam era konvergensi semua instrumen jaringan berbasis IP atau packet-based network. Aplikasi dan layanan akan terpisah dari jaringan transport / core.
    Di sisi lain, jaringan akan bersifat terbuka, jaringan pita lebar terintegrasi, serta jaringan ubiquitous. Sedangkan network intelligence terdistribusi.
    Berikut ini adalah contoh yang menggambarkan konvergensi media dan konvergensi jaringan dari perkembangan suatu Teknologi Informasi dan Komunikasi:
  1. Boardband, merupakan sebuah istilah dalam internet yang merupakan koneksi internet transmisi data kecepatan tinggi. Ada dua jenis jalur lebar yang umum, yaitu DSL dan kabel modem, yang mampu mentransfer 512 kbps atau lebih, kira-kira 9 kali lebih cepat dari modem yang menggunakan kabel telepon standar. Sudah Jelas bahwa broadband menjadi salah satu peristiwa teknologi konvergensi, dimulai dari hanya menggunakan kabel telepon untuk mengakses internet. Untuk memberi kemudahan mengakses internet, sekarang para pemilik provider memberi layanan internet mudah dan murah dan mulai menciptakan modem agar kita dapat mengakses internet.
  2. VPN, merupakan singkatan dari Virtual Private Network, yaitu Sebuah cara aman untuk mengakses local area network yang berada pada jangkauan, dengan menggunakan internet atau jaringan umum lainnya untuk melakukan transmisi data paket secara pribadi. VPN ini biasanya digunakan perusahaan perusahaan yang memiliki cabang, agar mudah mengakses suatu data melalui jaringan LAN. Keuntungan dari VPN sendiri adalah VPN bersifat rahasia, menawarkan kecepatan transfer data yang tinggi, dapat menentukan siapa saja yang dapat mengaksesnya. Tak hayal mengapa VPN menjadi peristiwa dari teknologi konvergensi. Berikut perincian keuntungn dan kerugian menggunakan layanan VPN:
    • Keuntungan
      • Browsing, surfing, dan transfer data melalui internet menjadi semakin aman.
      • Menyembunyikan IP addres si pengguna karena IP yang terekam adalah dari server VPN yang anda pakai.
      • Semua aplikasi di komputer/PC anda menjadi lebih aman. 
      • Misalnya skype, instant messagers: ICQ,AIM,email dll
      • Akses dengan kecepatan tinggi ke beberapa situs atau layanan lainnya (VPN yang berbayar)
      • Proteksi penuh terhadap akses internet Anda ketika berada pada lokasi hotspot/WiFi.
      • Bypass pemblokiran yang dilakukan oleh Internet Service Provider (ISP) dimana Anda melakukan koneksi internet.
    • Kerugian
      • Beberapa Vendor VPN di luar negeri rawan sekali terjadi penyadapan, hacking, cyber crime dll
      • Ketersediaan Performa jaringan khusus perusahaan berada diluar kendali pihak perusahaan
  • Pemanfaatan IT

    Berikut ini adalah pemanfaatan IT dalam berbagai bidang:
  1. Komunikasi
    Misalnya dengan handphone yang merupakan sebuah media berkembang dari peristiwa teknologi konvergensi yang memudahkan kita untuk mengirim pesan, menelpon, mendengarkan musik, dll.
  2. Pendidikan
    Dengan internet sebagai media bantunya, kita dapat mencari berbagai macam wawasan baru. Tidak hanya internet, televisi dan radio juga bisa menjadi media untuk kita mendapatkan wawasan lebih dalam.
  3. Sosial
    Banyak yang merasakan dari pemanfaatan IT dan konvergensi dibidang ini, karena kita dapat berkomunikasi dengan mudah dengan siapa saja, menciptakan hubungan yang harmonis dengan masyarakat luas.
  4. Ekonomi
    Banyak sekali contoh kasus dari pemanfaatan IT di bidang ekonomi. Tujuannya untuk memudahkan kita bertransaksi dengan masyarakat juga dapat menghemat waktu. Banyak media untuk melakukan prosesnya, yaitu handphone, televisi, koran, internet dll.

B. KONSEP JEJARING SOSIAL
  • Definisi Jejaring Sosisal

    Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Jejaring sosial dapat merujuk kepada hubungan sosial antar masyarakat satu dengan lainnya atau seperti simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut.
    Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.
    Situs jejaring sosial merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna.
  • Sejarah Munculnya Situs Web Jejaring Sosial

    Kemunculan situs jejaring sosial ini diawali dari adanya inisiatif untuk menghubungkan orang-orang dari seluruh belahan dunia. Situs jejaring sosial pertama, yaitu Sixdegrees.com mulai muncul pada tahun 1997. Situs ini memiliki aplikasi untuk membuat profil, menambah teman, dan mengirim pesan. Tahun 1999 dan 2000, muncul situs sosial lunarstorm, live journal, Cyword yang berfungsi memperluas informasi secara searah. Tahun 2001, muncul Ryze.com yang berperan untuk memperbesar jejaring bisnis. Tahun 2002, muncul friendster sebagai situs anak muda pertama yang semula disediakan untuk tempat pencarian jodoh. Dalam kelanjutannya, friendster ini lebih diminati anak muda untuk saling berkenalan dengan pengguna lain. Tahun 2003, muncul situs sosial interaktif lain menyusul kemunculan friendster, Flick R, You Tube, Myspace. Hingga akhir tahun 2005, friendster dan Myspace merupakan situs jejaring sosial yang paling diminati. Memasuki tahun 2006, penggunaan friendster dan Myspace mulai tergeser dengan adanya facebook. Facebook dengan tampilan yang lebih modern memungkinkan orang untuk berkenalan dan mengakses informasi seluas-luasnya. Tahun 2009, kemunculan Twitter ternyata menambah jumlah situs sosial bagi anak muda. Twitter menggunakan sistem mengikuti - tidak mengikuti (follow-unfollow), dimana kita dapat melihat status terbaru dari orang yang kita ikuti (follow). Tahun 2012, muncul kembali dan menambah kembali situs jejaring sosial untuk semua usia yang bernama Ketiker. Ketiker adalah situs web yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut post.
  • Beberapa Jenis Jejaring Sosial
    1. Facebook ( www.facebook.com )
    2. Twitter (www.twitter.com )
    3. Tumblr (www.tumblr.com)
    4. Kaskus ( www.kaskus.com )
    5. Yahoo Messenger ( www.messenger.yahoo.com )
    6. Plurk ( www.plurk.com )
    7. My Space ( www.myspace.com )
    8. Flickr ( www.flickr.com ) Dan masih banyak lagi lainnya.
  • Layanan Situs Jejaring Sosial

    Situs-situs ini bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk berinteraksi dengan teman, tetapi lebih dari itu dapat dimanfaatkan sebagai tempat berdiskusi kelompok belajar, tugas, ataupun berbagi informasi terbaru. Beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan dalam menggunakan situs jejaring sosial ini seperti:
    1. Mengupload atau sharing foto, video, lagu dan sebagainya.
    2. Posting tulisan di blog.
    3. Membuatkan grup yang dengan yang membahas satu bidang misalnya sistem informasi.
    4. Membuat batasan grup secara umum ataupun hanya terbatas daerah, sekolah ataupun terbatas pelajaran tertentu saja.
    5. Mengirim pesan elektronik (e-mail).
    6. Dll.
  • Dampak Positif dan Negatif Jejaring Sosial
    • Positif
      1. Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon.
      2. Memperluas jaringan pertemanan. Berkat situs jejaring sosial ini anak menjadi lebih mudah berteman dengan orang lain di seluruh dunia. Meskipun sebagian besar diantaranya tidak pernah mereka temui secara langsung.
      3. Anak dan remaja dapat belajar mengembangkan ketrampilan teknis dan sosial yang sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang ini. Mereka akan belajar beradaptasi, bersosialisasi dengan publik dan mengelola jaringan pertemanan.
      4. Anak dan remaja akan termotivasi untuk belajar mengembangkan diri melalui teman-teman yang mereka jumpai secara online, karena mereka berinteraksi dan menerima umpan balik satu sama lain.
      5. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.
  • Negatif
      1. Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.
      2. Anak dan remaja menjadi malas belajar berkomunikasi di dunia nyata. Tingkat pemahaman bahasapun menjadi terganggu. Jika anak terlalu banyak berkomunikasi di dunia maya.
      3. Situs jejaring sosial akan membuat anak dan remaja lebih mementingkan diri sendiri. Mereka menjadi tidak sadar akan lingkungan di sekitar mereka, karena kebanyakan menghabiskan waktu di internet. Hal ini dapat mengakibatkan menjadi kurang berempati di dunia nyata.
      4. Kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan (adiksi) yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.


C. KONSEP PODCASTING
  • Defenisi Podcasting

    Podcasting adalah serangkaian berkas media digital (baik audio maupun video) yang diterbitkan sewaktu-waktu dan sering diunduh melalui penyalur-sedia web (web syndication). Kata ‘podcast’ menelantarkan istilah ‘webcast’ dalam bahasa sehari-hari, karena meningkatnya kegemaran iPod dan pasokan web (web feed).
  • Sejarah Podcasting

    Istilah "podcasting" pertama kali muncul dalam sebuah karangan artikel oleh Ben Hammersley di surat kabar 
    The Guardian pada Februari 2004, bersama dengan istilah lain yang diusulkan untuk menamakan teknologi baru ini. "Podcast" merupakan lakuran kata "pod" — "playable on demand" (dimainkan atas permintaan), yang kelak digunakan Apple Computer (sekarang Apple) untuk merek pemutar-media-saku (portable media player) iPod — dan "broadcasting" (penyiaran). Nama ini dapat menyesatkan, karena siniar dapat digunakan tanpa iPod, atau bentuk pemutar-media-saku lain; isi-kandungannya dapat diperoleh dengan komputer yang dapat memainkan berkas media. Penggunaan istilah "podcast" mendahului adanya dukungan asal (native support) untuk layanan siniar bagi iPod, atau perangkat lunak Apple iTunes. Untuk menghindari keterkaitannya dengan istilah "iPod", beberapa orang memakai istilah "netcast" sebagai pengganti "podcast", seperti siniarwan (podcaster) TWiT.tv Leo Laporte. Singkata balik (backronym) telah diusulkan supaya "podcast" dapat diuraikan sebagai "personal on demand broadcast" (penyiaran atas permintaan pribadi).
  • Manfaat Podcasting

    Ada banyak manfaat dari Podcasting yang dapat Anda terima jika Anda menggunakannya sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi:
  1. Meningkatkan visibilitas situs Anda
    Audiens target Anda akan dapat menemukan situs Anda lebih mudah ketika Anda daftar podcast Anda di direktori podcast yang tersedia. Visibilitas untuk situs Anda akan meningkat sangat. Demikian pula, mesin pencari akan dapat menemukan podcast Anda lebih mudah juga.
  2. Menyediakan alat komunikasi bisnis yang efektif
    Salah satu manfaat penting dari Podcasting adalah kenyataan bahwa itu benar-benar menyediakan alat komunikasi tambahan untuk bisnis online Anda. Orang-orang akan datang untuk tahu tentang situs Anda. Apa yang telah ditulis dan ditawarkan di situs Anda akan bisa mendapatkan kredibilitas Anda sebagai seorang penulis ahli di bidang Anda.
  3. Memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah menawarkan
    Podcasting memungkinkan Anda untuk memberikan nilai tambah menawarkan dalam format audio. Ini akan mempertahankan kepentingan pembaca dan pelanggan sama seperti mereka akan senang dengan tawaran ini. Mereka dapat kembali ke situs Anda untuk podcast mingguan “Pilihan Hot Tips untuk minggu ini”, ini akan menjadi favorit panas bagi mereka dalam perdagangan opsi.
  4. Menyediakan retensi memori yang lebih baik
    Podcasting melibatkan melihat, mendengar dan mengalami. Jika digabungkan, memberikan hasil terbaik untuk retensi memori sekitar 75% untuk rata-rata orang. Ini menyimpulkan bahwa pesan audio pasti lebih berkesan dari hanya teks biasa. Retensi memori adalah salah satu manfaat lebih penting bisa Anda dapatkan dari Podcasting.
  5. Menyediakan kemudahan penggunaan
    Podcast Anda dapat dengan mudah diputar pada pemutar MP3 portabel. Orang akan dapat mendengarkan podcast Anda di mana saja dan kapan saja. Podcasting membuat mendengarkan pesan Anda begitu mudah, tanpa rewel.
  6. Memberikan kesempatan untuk peningkatan lalu lintas
    Jika podcast Anda berisi konten yang besar, mereka akan mengarahkan lalu lintas ke situs Web Anda. Hal ini akan menciptakan dampak pada penjualan Anda dan garis bawah. Konten Anda juga harus informatif, menarik, dan harus selalu menyediakan nilai nyata bagi pendengar Anda. Melalui Podcasting, Anda juga dapat berkomunikasi dengan audiens target Anda.
    Podcasting adalah trend komunikasi terbaru dengan pemasar di web. Ia menawarkan jangkauan menguntungkan untuk jutaan pendengar yang pelanggan potensial. Kemungkinan pemasaran banyak. Podcasting adalah sekarang rute emas untuk memilih, dan tidak harus dibiarkan keluar sebagai salah satu pemasaran dan alat komunikasi.
  • Cara Kerja Podcasting
    Saat kita menggunakan podcasting, situs-situs langganan kita akan secara periodik diperiksa kalau-kalau ada informasi baru yang dikeluarkan. Bila ada, maka file suara yang berkaitan (biasanya dalam format MP3) akan secara otomatis di-download-kan ke komputer kita. Selanjutnya kita bisa menikmatinya dengan menggunakan program-program pemutar musik seperti Windows Media PlayerWinamp dan sejenisnya. Untuk menikmati layanan podcasting, anda membutuhkan koneksi internet dan aplikasi khusus podcasting (misalnya iTunes).
  • Model Penyebaran Cara Berlangganan Podcasting

    Banyak cara berlangganan podcasting namun yang terpenting adalah kita harus terkoneksi dengan internet maka kita baru bisa berlangganan podcasting contohnya:
    • Langganan podcast VOA gratisVOA menawarkan tiga cara berlangganan podcast yang dapat Anda mainkan kapan saja dengan gadget portabel dan komputer Anda:
      1. iTunes
        Bila iTunes terpasang di komputer Anda, klik icon iTunes di bawah deskripsi program dan ikuti petunjuk untuk berlangganan di iTunes.
      2. MyYahoo
        Bila Anda punya account Yahoo, Anda dapat berlangganan menggunakan MyYahoo. Klik icon MyYahoo di bawah deskripsi program dan ikuti petunjuk untuk berlangganan di MyYahoo.
      3. RSS
        Bila Anda tak punya iTunes ataupun Yahoo, Anda dapat menggunakan program reader podcast atau RSS untuk berlangganan. Kopi link untuk berlangganan yang terdaftar di bawah deskripsi program untuk berlangganan dengan program reader podcast atau RSS.
    • Untuk menonton atau mendengarkan tanpa berlangganan:Anda dapat menonton atau mendengar podcast langsung dari halaman ini. Klik tombol "Tonton" atau "Dengar" di bawah deskripsi program.

D. KONSEP RSS
  • Defenisi RSS

    RSS adalah suatu teknologi dalam dunia web yang dibangun untuk mempermudah kita untuk membaca ataupun berlangganan konten (isi/artikel) dari suatu situs/web/blog. RSS merupakan versi sederhana dari halaman web yang berisikan hanya konten artikel saja, tanpa adanya fitur-fitur lain seperti widget, iklan, CSS, ataupun javascript. RSS adalah singkatan dari istilah yang merujuk pada beberapa protokol: Really Simple Syndication ( RSS 2.0 ), RDF Site Summary ( 0.9 dan 1.0 ), Rich Text Summary ( 0.91 )
  • RSS reader dan Feed

    RSS reader adalah aplikasi yang di gunakan untuk membaca RSS sedangkan feed (pengumpan) merupakan suatu format data yang di gunakan untuk melayani isi yang selalu di perbaruhi.jika di gabung kurang lebih akan menjadi :RSS sebagai sumber informasi di kumpulkan oleh feed dan di baca oleh RSS reader.jadi jika kita sudah berlangganan feed tapi ngga ada RSS reader kita tidak bisa membaca isi artikel yang di buat dalam format RSS.
  • Sejarah RSS
    RSS pertama kali diperkenalkan oleh Netscape pada tahun 1999 yang digunakan pada situs My.Netscape.com. Pada waktu itu RSS yang keluar pertama kali adalah RSS versi 0.9 dan kepanjangan RSS waktu itu adalah RDF Site Summary.
    Tahukah anda, bahwa logo RSS yang berwarna orange dan ada gambar sinyal radio nya itu pertama kali digunakan oleh browser Mozilla Firefox pada tahun 2005. Dan untuk pertama kalinya Internet Explorer bekerjasam dengan Mozilla yaitu IE tertarik menggunakan icon RSS pada Firefox dan menggunakannya di browser IE7. Setelah itu Opera pun mengikutinya dan sekarang icon tersebut telah menjadi simbol RSS.
    Sekarang RSS telah ada dalam versi RSS 2.0 dan kepanjangannya sudah ganti menjadi Really Simple Syndication. Bahkan variannya juga sudah mulai banyak seperti Atom dan Podcasts. Tetapi RSS masih tetap paling populer karena kemudahannya sampai saat ini
  • Manfaat RSS
    RSS biasanya digunakan secara luas di website yang menyediakan konten yang dinamis dan terupdate secara berkala, seperti halnya blog, portal berita, dan lain-lain.
    RSS digunakan secara luas oleh komunitas weblog untuk menyebar ringkasan tulisan terbaru di jurnal, kadang-kadang juga menyertakan artikel lengkap dan bahkan gambar dan suara. RSS digunakan pada hampir semua situs berita atau weblog, dengan berbagai tujuan termasuk: pemasaran, press release, laporan reguler produk, atau aktivitas lain yang membutuhkan pemberitahuan periodik dan tentunya publikasi.
    Manfaat yang diperoleh dengan adanya RSS adalah pembaca sangat dimudahkan dalam mengetahui update terbaru suatu website tanpa perlu mengunjungi alamat website tersebut, karena pembaca hanya butuh untuk berlangganan pengumpan (feed) dari website tersebut.
    Beberapa website atau blog hanya menyediakan umpan RSS berupa beberapa baris kalimat atau ringkasannya saja, namun ada juga yang menyediakan umpan berupa artikel penuh, tergantung tujuan dari masing-masing pengelola website tersebut.

E. KONSEP IPTV

  • Definisi IPTV
    IPTV adalah suatu layanan multimedia yang terdiri atas program televisi, video (gambar bergerak), audio (suara), tulisan (text),graphics (gambar diam) dan data yang disalurkan ke pelangganmelalui suatu jaringan tertutup yang berbasis IP.
    IPTV bukan sekedar siaran TV yang disalurkan melalui internet dan dapat diakses oleh siapa saja, tanpa adanya jaminan-jaminan dari penyelenggara.
    Penyelenggara IPTV menjamin pelanggan atas kualitas (QoS/QoE),keamanan (security), kemampuan berinteraktif dan keandalan darilayanan yang disalurkan oleh penyelenggara IPTV sampai layanantersebut diterima oleh pelanggan-pelanggan.
    Dalam layanan IPTV, semua aktivitas layanan baik video ataupun “interaktif melalui platform IP”disalurkan ke pelanggan dengansuatu “jaringan tetap broadband” (fixed broadband network) xDSLatau FTTH yang dapat dinikmati oleh pelanggan melalui suatupesawat TV standar dengan IP-STB.
  • Perbedaan IPTV dan Internet TV
    • IPTV

      1. Closed system, kualitas layanan terjamin (managed QoS).
      2. Video konten dikirim hanya kepadapelanggan (known subscriber) Pengiriman melalui IP packets sampaidengan pelanggan (end customer).
      3. Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider.
      4. Sesuai dengan jangkauan jaringan yang dimilikinya.
      5. Umumnya menggunakan IP-STB digitaluntuk mengakses dan pengkodeanlayanan konten.Menggunakan PC, software yangdigunakan tergantung formatkonten.
      6. Biaya
      7. Video konten dibuat oleh perusahaan profesional, jumlahnya terbatas.
    • Internet TV
      1. Open system, kontrol kualitas layanan tidak dijamin (BestEffort QoS).
      2. Video konten dikirim kepada siapapun Pengiriman melalui IP packets sampai internet cloud sendiri.
      3. Dikirim dan diterima melalui public internet yang melibatkanbanyak pihak.
      4. Tidak ada batasan wilayah, dimanapun ada akses internet.
      5. Umumnya menggunakan PC, software yang digunakan tergantung format konten.
      6. Gratis
      7. Video konten bisa dibuat siapapun, jumlah kontennya tidak terbatas.
  • Arsitektur IPVT

    IPTV dapat menyediakan beberapa layanan Audio/Video seperti BTV, VoD, TSTV,PVR dan lain-lain. Kondisi mendasar penerapan secara efektif layanan-layanan tersebut adalah jaminan mengenai QoE. Dan QoE untuk subscriber tidak dapat diraih dengan lemahnya keamanan sistem IPTV.Diantara layanan-layanan streamed audio/video, bisa terjadi beberapa masalah yang cukup serius yang memberikan dampak negatif pada penerapan layanan. Konten bisa saja ilegal, sehingga subscribers tidak dapat menikmati layanan berkualitas tinggi karena jaringan “menderita” akibat aktivitas serangan keamanan. Audio/video contents dapat disimpan, digandakan ulang, dikirimkan dan digelapkan secara ilegal.Oleh karenannya, kemampuan keamanan harus menjadi karakter layanan IPTV yang tidak hanya diperlukan tetapi juga diutamakan.
  • Fitur IPVT

    Dari IPTV ini para penonton disuguhkan banyak fitur. Misalnya seperti yang sudah disebutkan di atas tadi. Itu masih sebagian kecil dari fitur yang dipunyai IPTV. Masih banyak fitur-fitur lain yang bisa disuguhkan. Fitur-fitur itu antara lain :
    1. IP/TV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
    2. IP/TV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
    3. IP/TV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
    4. IP/TV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
    5. Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).
    6. Live tv adalah siaran televisi yang dipancarkan oleh stasiun-stasiun tv biasa.
    7. Video, Music and News On Demand yaitu layanan siaran musik ,video dan siaran berita sesuai permintaan penonton.
    8. Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax dengan menggunakan jaringan berbasis IP.
    9. Parental guide yaitu layanan untuk melindungi anak dan remaja dari siaran yang yang tidak diperuntukkan bagi usia mereka.
  • Kendala IPTV
    Khusus di tanah air, kendala terbesar dalam mengimplementasikan IPTV adalah keterbatasan bandwidth. Karena IPTV tidak menggunakan sinyal frekuensi publik, maka masalah perizinan tidak akan sesulit mendirikan tower pemancar untuk stasiun televisi konvensional. Sementara di negara-negara yang terkenal ketat dengan sensor konten Internet, tentu saja akan ada regulasi tambahan bagi penyedia siaran IPTV.
  • Komponen perangkat IPTV
    1. TV Headend,
    2. IPTV middleware,
    3. VoD system,
    4. Media content protection system CA/DRM),
    5. DSLAM,
    6. IP STB(Set Top Box)
  • Layanan IPVT
    • Layanan Broadcast:Broadcast TV,Audio channel,nVoD / PPV
    • Layanan OnDemandVideo on Demand,Music on Demand,nPVR,Siaran tunda TV,(Time-shift TV)
    • Layanan InteractiveInteractive Information,Interactive TV,Online Gambling,Online subscription,Online bill enquiry,Game,WEB,E-mail,TV-commerce

Sumber:
http://www.slideshare.net/judhie/konvergensi/
http://arievnote.blogspot.com/2012/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://deqadeqo.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html
http://boyzrunz.blogspot.com/2011/11/konsep-teknologi-konvergensi-jejaring.html

No comments: