Sunday 13 November 2011

Cabang Olahraga Sea Games 2011

  Pesta olahraga negara-negara se-Asia Tenggara atau Southeast Asian Games (SEA Games) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan sebelas negara di Asia Tenggara sebagai peserta. Sebelas negaranya yaitu
Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Laos, Myanmar, Kamboja dan Timor Leste. Ajang olahraga ini dibawah regulasi Federasi Southeast Asian Games yang juga diawasi oleh International Olympic Committee (IOC) dan Olympic Council of Asia (OCA). 
     Pesta olahraga Sea Games ke-26 dengan Indonesia sebagai tuan rumah terlihat sangat meriah. Sebelum pesta olahraga ini terlaksana banyak sekali kendala-kendala yang muncul seperti kasus korupsi dana pembangunan wisma atlet, korupsi dana pembangunan fasilitas-fasilitas lainnya, serta telatnya penyelesaian pembangunan fasilitas-fasilitas yang akan digunakan pada saat Sea Games 2011. Walaupun begitu eforia dari pelaksanaan Sea Games 2011 ini sangat meriah. Dukungan di sana sini, terutama masyarakat indonesia yang begitu semangat dan antusias mendukung perwakilan Indonesia dalam pesta olahraga ini.
    Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga Sea Games bukanlah untuk yang pertama kalinya. Melainkan ini merupakan ke tiga kalinya Indonesia menjadi tuan rumah, yaitu SEA Games ke-10 1979, ke-14 1987 dan ke-19 1997. Selama tiga kali penyelenggaraan, Indonesia selalu menjadi juara umum. SEA Games ke-26 ini akan diadakan di empat propinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sumatra Selatan. Pemerintah daerah propinsi Sumatra Selatan menyataakan kesiapannya untuk meyelenggarakan upacara pembukaan dan penutupan.
     Cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Sea Games ke-26 ini ada 44 olahraga, yang kemudian dikelompokkan menjadi 4 bagian olahraga, yaitu:
  1. Olahraga Terukur: Panahan, atletik, senam, angkat besi, paralayang, panjat tebing, renang, renang indah, finswimming, open water swimming, loncat indah, layar, polo air, rowing, canoeing, berkuda,.
  2. Olahraga Permainan: Sepak bola, futsal, sepak takraw, bola basket, bola voli-indoor, baseball, soft ball, bulutangkis, tenis, soft tenis, tenis meja, sepatu roda, biliar, bridge, catur.
  3. Olahraga Bela Diri: Pancak silat, silat, karate, taekwondo, wushu, judo, kempo, anggar, vovinam, tinju.
  4. Olahraga Konsentrasi: Golf, menembak, bowling, petanque.
     Selamat berjuang para peserta Sea Games 2011, terutama Indonesia tetap tunjukkan spotifitas yaaa :))

Sumber: google.com

No comments: