Wednesday 9 November 2011

Kesenjangan Sosial

    
     Seiring dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, masyarakat dalam suatu negara pasti akan mengalami perubahan-perubahan, baik perubahan sosial maupun perubahan budaya. Perubahan-perubahan tersebut biasanya akan mempengaruhi sistem sosialnya. Pengaruh terhadap sistem sosial salah satunya adalah kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial sendiri merupakan
suatu keadaan yang terjadi di tengah-tengan masyarakat yang disebabkan oleh status sosial maupun status ekonomi. Contoh umum yang banyak terjadi salah satunya adalah perbedaan antara orang kaya dan orang miskin. Hal ini sering sekali terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan terlihat sangat mencolok.
     Kesenjangan sosial disebabkan beberapa faktor penyebab, yaitu: kemiskinan, ketertinggalan, keterlantaran, kurangnya lapangan pekerjaan (banyaknya pengangguran).
     Kalau dilihat dari faktor-faktor kesenjangan sosial di atas, negara kita yaitu Indonesia masih sangat mencerminkan negara dengan kesenjangan sosial yang tinggi. Sungguh miris melihat keadaan negara kita. Bagaimana tidak? Banyak sekali orang kaya yang semakin kaya dimana di satu sisi yang miskin semakin miskin. KKN dimana-mana. Para pemimpin yang sekarang ini sangat sulit untuk dipercaya, karena banyaknya para koruptor di kalangan pejabat-pejabat negara. Kesenangan menikmati hasil korupsi dimana banyak orang kelaparan di sekitar kita. Sangat memprihatinkan sekali.
     Untuk itu kita sebagai generasi penerus bangsa agar bisa lebih peka dan peduli terhadap keadaan sekitar kita. Kuatkan iman kita sejak dini, agar tidak mudah terhasut bisikan setan. Belajar hidup sederhana dan apa adanya. Dan semoga kedepannya transparasi pemerintahan antara rakyat semakin baik dan pemerintah serta para pemimpin terbuka mata dan pintu hatinya, agar tidak hanya memikirkan kesenangan dan kepuasan pribadi. Dengan begitu negara kita bisa menjadi lebih baik lagi kedepannya : )

No comments: