Friday 11 November 2011

Pemuda dan Sosialisasi


Assalammualaikum Wr. Wb.

     Pada zaman sekarang ini, pemuda sangatlah rentan dengan berbagai hal. Mulai dari sifat, perilaku dan pola pikir yang sangat jauh berbeda dengan pemuda pada generasi sebelumnya yang memiliki semangat untuk berusaha yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh
pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi yang begitu pesat sehingga pemuda zaman sekarang lebih mempunyai emosional yang tinggi salah satu contoh yang lagi trend yaitu penggalauan massal, jarang berinteraksi/bersosialisasi secara langsung karena lebih senang berinteraksi melalu situs jejaring sosial, bahkan pemuda zaman sekarang mempunyai pola pikir yg sempit sehingga lebih mudah terjerumus pada hal-hal yang tidak baik.
     Arti yang sebenarnya dari pemuda / generasi muda adalah suatu generasi yang di pundaknya terbebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Para generasi muda dituntut untuk menjadi generasi penerus bangsa, generasi yang akan melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, generasi yang harus mengisi dan melangsungkan pembangunan negara secara terus-menerus.
     Sedangkan pengertian dari  sosialisasi adalah proses belajar berinteraksi bagi individu di tengah-tengah masyarakat dengan mengenal lingkungan, baik lingkungan sosial maupun lingkungan fisik. Dalam arti luas, proses sosialisasi adalah proses komunikasi dan proses interaksi yang dilakukan oleh seorang individu selama hidupnya sejak lahir sampai dengan meninggal.
     Jika kedua pengeertian diatas digabung, maka proses sosialisasi generasi muda adalah suatu proses yang sangat menentukan kemampuan diri pemuda untuk menyesuaikan diri di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Oleh sebab itu pada tahap pembimbingannya, melalui proses menuju kematangan dirinya dan belajar pada berbagai media sosialisasi yang ada di masyarakat, seorang pemuda harus mampu menseleksi berbagai kemungkinan yang ada sehingga mampu mengendalikan diri dalam hidupnya di tengah-tengah masyarakat, dan tetap mempunyai motivasi sosial yang tinggi.
     Untuk itu sebagai generasi penerus yang berwawasan luas marilah kita lebih cerdas untuk memilah dan memilih apa saja yang baik dan tidak dari dampak globalisasi, tidak menghilangkan budaya untuk bersosialisasi di tengah-tengah masyarakat secara langsung, serta belajar yang giat dan sungguh-sungguh untuk menjadi generasi penerus bangsa yang jujur, baik, benar, amanah serta berwawasan luas.

Wassalammualaikum Wr. Wb.

No comments: